Pages

23 Okt 2014

Faktor-faktor Pembelian

Diposting oleh bloggy Imajination di 10/23/2014 08:54:00 AM


PEMBELIAN GADGET DENGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA
Disusun oleh :
TRI YUNI R / 17212466
Kelas : 3EA02


JURUSAN MANAJEMEN S1
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2013/2014


KATA PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan makalah ini.
 Makalah ini ditulis untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Softskill Perilaku Konsumen. Ucapan terima kasih juga saya ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu penulisan makalah ini terutama kedua orang tua dan semua keluarga, serta teman sejawat atas doa dan motivasi yang diberikan.
Saya berharap dengan ditulisnya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan pembaca dapat mengetahui apa saja yang menjadi factor dari suatu proses pembelian produk, yaitu produk gadget.
Saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih jauh dari yang diharapkan. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan.






Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang
Dalam komunikasi pemasaran perlu dirumuskan tujuan yang ingin dicapai dari proses komunikasi pemasaran yang akan dilakukan. Setelah menentukan khalayak sasaran atau segmen yang akan dituju dengan persepsinya, pemasar harus memutuskan respon yang terjadi. Respon khalayak tersebut dapat berupa cognitive (tahap kesadaran), affective (tahap pengaruh), behavioral/conative (tahap tindakan pembelian).
Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) adalah salah satu model hirarki respon yang cukup popular bagi pemasar sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pemasaran. Menurut model ini, alat promosi harus menarik perhatian, mendapatkan dan mendorong minat, membangkitkan keinginan, dan menghasilkan tindakan. Dalam membangun program komunikasi yang efektif, aspek terpenting adalah memahami proses terjadinya respon dari konsumen, misalnya dalam hal konsumen melakukan pembelian suatu produk, maka diperlukan pemahaman mengenai usaha promosi yang dapat mempengaruhi respon konsumen tersebut (Belch 1995:163 dalam Nurbenny 2005:38).
Dalam materi kali ini dikhususkan pada proses pembelian gadget atau smartphone yang belakangan ini menjadi salah satu trend gaya hidup dan sekaligus menjadi pangsa pasar yang paling tinggi bagi pemasar. Dengan banyaknya berbagai jenis smartphone  dengan berbagai merk dan spesifikasi yang beragam dan tentunya dengan harga yang berbeda sesuai dengan kualitasnya. Untuk itu penulis mencoba mengungkapkan factor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembelian dari produk smartphone tersebut dan bagaimana proses para konsumen untuk membelinya.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa itu proses AIDA
2.      Apa saja factor-faktor pembelian produk gadget
3.      Bagaimana cara melakukan proses pembeliaan yang baik dan benar
4.      Bagaimana Tips Membeli gadget yang baik dan benar.

1.3  Tujuan
1.      Mengetahui proses dari AIDA
2.      Mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi pembelian produk gadget.
3.      Mengetahui cara melakukan pembelian yang baik dan benar.
4.      Mengetahui tips dalam pembelian gadget yang efektif dan efisien

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Proses AIDA (Attention, Interest, Desire. Action )

AIDA merupakan suatu singkatan yang sering digunakan dalam dunia pemasaran dan periklanan, yang menggambarkan tahapan-tahapan keadaan atau respon seorang konsumen terhadap suatu produk. AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action.
Teori AIDA  yang menyebutkan bahwa pengambilan keputusan pembelian adalah suatu proses psikologis yang dilalui oleh Konsumen atau pembeli, prosesnya yang diawali dengan tahap menaruh perhatian (Attention) terhadap barang atau jasa yang kemudian jika berkesan dia akan melangkah ke tahap ketertarikan (Interest) untuk mengetahui lebih jauh tentang keistimewaan produk atau jasa tersebut yang jika intensitas ketertarikannya kuat berlanjut ke tahap berhasrat/berminat (Desire) karena barang atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan-nya. Jika hasrat dan minatnya begitu kuat baik karena dorongan dari dalam atau rangsangan persuasif dari luar maka konsumen atau pembeli tersebut akan mengambil keputusan membeli (Action to buy) barang atau jasa yang ditawarkan.
A-  Attention (Perhatian / Kesadaran) :
Tahap menarik perhatian konsumen terhadap suatu produk yang ditawarkan.
 I - Interest (Ketertarikan) :
Tahap meningkatkan ketertarikan konsumen. Biasanya  dengan menjelaskan manfaat / keuntungan dari produk tersebut.
D – Desire (Keinginan / Hasrat) :
Tahap meyakinkan konsumen agar mereka ingin memiliki produk atau jasa yang ditawarkan, sesuai dengan kebutuhan mereka.
A – Action (Aksi) :
Tahap mengarahkan konsumen agar mengambil aksi dalam keputusan pembelian.

Lalu AIDA mulai berkembang menjadi AIDCAS (Attention, Interest, Desire, Confidence, Action, Satisfaction).
 C – Confidence (Kepercayaan / Keyakinan) :
Tahap meyakinkan konsumen agar konsumen tersebut percaya terhadap produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan mereka.
S – Satisfaction (Kepuasan) :
Tahap memuaskan konsumen sehingga mereka menjadi pelanggan dan memberikan arahan / masukan terhadap produk tersebut.

Kemudian, dikelompokan menjadi 3 tahap yaitu CAB (Cognition, Affect, Behavior):
·           C – Cognition (Kognisi) meliputi Awareness (Kesadaran) dan Learning (Pengetahuan).
·           A – Affect (Pengaruh) meliputi Feeling (Perasaan), Interest (Ketertarikan), dan Desire (Keinginan)
·           B – Behavior (Perilaku) meliputi Action (Aksi).

Setelah itu, berkembang lagi dan lahirlah teori yang dinamakan TIREA (Thought, Interest, Risk, Engagement, Action)
·           T –Thought (Pemikiran)
·           I – Interest (Ketertarikan) meliputi Desire(Keinginan)
·           R – Risk (Resiko) meliputi Evaluation (Evaluasi)
·           E – Engagement (Perjanjian): sebuah respon emosional ketika      Ketertarikan dan Keinginan melebihi resiko.
·           A – Action (Aksi): sebuah respon fisik untuk memperoleh      sesuatu yang diinginkan dan bersedia menanggung resiko.
2.2 Faktor-faktor Pembelian Produk Gadget
a.       Faktor Harga
Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Istilah harga digunakan untuk memberikan nilai finansial pada suatu produk barang atau jasa. Biasanya penggunaan kata harga berupa digit nominal besaran angka terhadap nilai tukar mata uang yang menunjukkan tinggi rendahnya nilai suatu kualitas barang atau jasa. Dalam ilmu ekonomi harga dapat dikaitkan dengan nilai jual atau beli suatu produk barang atau jasa sekaligus sebagai variabel yang menentukan komparasi produk atau barang sejenis.
Harga merupakan salah satu factor utama yang cukup diperhitungkan ketika konsumen hendak membeli suatu barang atau jasa, khususnya yang dibahas adalah pada pembelian gadget atau smartphone, biasanya konsumen jika hendak membeli gadget yang mereka inginkan adalah dengan pertama kali mengetahu berapa harga yang mereka harus bayar untuk mendapatkan gadget yang mereka inginkan. Rata-rata konsumen menginginkan harga yang rendah dengan kualitas yang tetap baik. Tapi pada faktanya harga berbandig lurus dengan kualitasnya, semakin bagus kualitas gadget maka semaki mahal pula harganya. Tetapi itu hanya berlaku pada merk-merk gadget yang sudah memiliki nama dan tentunyamemiliki spesifikasi yang benar-benar mumpuni.
b.      Factor kualitas atau Spesifikasi
Tidak kalah dengan harga, kualitas juga sangat penting bagi konsumen, tidak sedikit konsumen yang rela membayar mahal dengan harapan mendapatkan kualitas gadget yang sangat bagus. Kualitas suatu gadget atau smartphone biasanya dipengaruhi oleh berbagai factor seperti Spesifikasi yang canggih dan dapat diupgrade sesuai dengan perkembangan tekhnologi pada masa yang akan datang. Tentunya dengan kualitas yang baik maka konsumen akan merasa lebih puas dengan gadget yang menjadi pilihannya tersebut. Kualitas yang baik dapat diketahui dengan testimoni atau penilaian suatu produk atau merk yang memang biasanya sudah jauh lebih dikenal dikalangan masyarakat pada umumnya.
c.       Factor Tampilan atau Wujud
Selain kedua factor yang telah dibahas diatas, tampilan dari suatu gadget juga sangat diperhatikan oleh konsumen, tampilan yang menarik terlihat elegan dan mahal tentunya akan lebih disukai oleh para konsumen, dalam era canggih saat ini bukan saja sebagai alat komunikasi, namun gadget juga menjadi ajang untuk bergaya dan tidak sedikit juga yang menggunakan gadget untuk menunjukan kelas sosialnya. Tampilan gadget yang lebih menarik dengan berbagai aksesoris yang digunakan seperti softcase, dll. Membuat para pemiliknya akan jauh lebih diperhatikan oleh sekitarnya, akan jauh lebih menarik perhatian disbanding gadget yang biasa tanpa menggunakan tampilan tambahan. Untuk itu bentuk wujd tampilan dari suatu gadget sangat entinng diperhatikan oleh konsumen yang menggunakannya.
2.3 Proses Pembeliaan Gadget yang Baik dan Benar
Pada proses pembelian suatu gadget biasanya konsumen telah memperhatikan beberapa factor diatas yang telah disebutkan, seperti harga sesuai merk, kualitas, spesifikasi dan tampilan serta lainnya, sebelum membeli suatu gadget hendaknya membandingkan berbagai jenis merk yang mendukung spesifikasi tebaik dengan harga yang tetap ekonomis, seringkali konsumen tertipu oleh harga yang murah tetapi kualitas yang cukup rendah, dan tidak sedikit pula konsumen yang tertipu harga tinggi dengan kualitas biasa karena merk yang sudah memiliki nama sehingga gaget akan lebih mahal harganya. Tentu hal ini harus dibandingkan dengan seksama sehingga konsumen dapat membeli gadget yang diinginkan sesuai dengan harapan yang harganya terjangkau dan memiliki spesifikasi canggih dan berkualitas baik dan memiliki harga yang stabil, artinya tidak cepat jatuh jika gadget tersebut dijual kembali suatu saat nanti.
2.4 Tips Membeli gadget yang Baik dan Benar
            Berkembangnya berbagai macam jenis gadget mungkin membuat konsumen  sedikit dibingungkan untuk memilih dan membeli jenis gadget seperti apa yang memang benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan. Dan berikut ini beberapa tips yang bisa konsumen simak mengenai Tips memilih dan membeli gadget dengan benar.
1.      Sesuai Kebutuhan
Memilih dan membeli gadget adalah bukan perkara mudah bagi para konsumen, dan hal pertama yang harus  diperhatikan adalah membeli sebuah produk gadget yang memang benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan. Seperti jika membutuhkan sebuah gadget yang bisa memudahkan untuk melakukan browsing internet, email dan lain sebagainya, maka harus mengetahui spesifikasi gadget yang diinginkan apakah gadget tersebut mendukung dengan semua yang dibutuhkan atau tidak. Karena sangat disayangkan jika membeli gadget yang ternyata bukan sesuai dengan yang dibutuhkan, atau hanya untuk sekedar pamer kepada orang lain.
2.    Original atau Asli
Ke originalan sebuah produk gadget memang perlu juga diperhatikan, pasalnya jika Anda membeli gadget yang tidak original dalam artian membeli second maka bisa saja gadget tersebut tidak memberikan manfaat sepenuhnya kepada Anda, coba Anda bayangkan sebuah gadget second tentunya gadget tersebut sudah pernah dipaki oleh seseorang dan juga tidak mengetahui apakah gadget tersebut masih dalam kondisi baik atau malah sebaliknya. Meskipun gadget second memiliki harga yang jauh lebih murah tapi sudah jelas konsumen menjadi orang kedua atau bahkan lebih sebagai pengguna gadget tersebut. Intinya belilah gadget yang memang benar-benar original dan merupakan orang pertama yang menggunaknnya.
3.    Banyak Fitur
Memiliki gadget yang terdapat fitur didalamnya juga sangat membantu untuk meminimalkan pembelian gadget yang lain, karena hanya dengan satu gadget namun bisa mencukupi semua kebutuhan yang diinginkan menjadi hal yang sangat perlu untuk diperhatikan. Fitur yang diberikan oleh macam-macam gadget berbeda-beda dan tugas konsumen harus jeli melihat dan mengamati sebuah gadget yang memiliki banyak fitur yang bisa bermanfaat memberikan semua yang  dibutuhkan.
4.      Riset pasar
Sebelum membeli sebuah gadget maka seharusnya sudah memahami dan mengerti mengenai spesifikasi gadget tersebut. Bagaimana caranya? Yakni dengan melakukan riset pasar atau memantau dan meninjau langsung gadget yang akan dibutuhkan, hal itu bisa dilakukan dengan mencari informasi gadget yang akan dibeli dengan secara online maupun langsung datang ketempat penyedia gadget tersebut untuk meninjau apa saja yang ada dalam gadget yang nantinya akan kita miliki. Atau dengan cara membeli tabloid atau Koran yang memberikan informasi mengenai erkembangan gadget dan teknologi terbaru.
5.      Budget yang sesuai
Ketersedian budget yang dimiliki juga harus disesuaikan dengan gadget yang nantinya akan dimiliki, karena tidak akan mungkin bisa memiliki gadget yang berbandrol tinggi sementara budget yang dimiliki sangat minim. Maka konsumen harus menyesuaikan gadget yang akan dibeli dengan budget yang dimiliki.
Dengan Tips Memilih dan Membeli Gadget dengan Benar diatas maka konsumen bisa memiliki sebuah perangkat gadget yang memang dibutuhkan dan akan memberikan manfaat dari gadget itu. Hal tu juga merupakan metode untuk meminimalkan tingkat resiko kekecewaan setelah kita membeli perangkat gadget. Sehingga diharapkan konsumen mendapatkan kepuasan setelah mealui proses yang telah dijelaskan tersebut.

















BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Teori AIDA  yang menyebutkan bahwa pengambilan keputusan pembelian adalah suatu proses psikologis yang dilalui oleh Konsumen atau pembeli, prosesnya yang diawali dengan tahap menaruh perhatian (Attention) terhadap barang atau jasa yang kemudian jika berkesan dia akan melangkah ke tahap ketertarikan (Interest) untuk mengetahui lebih jauh tentang keistimewaan produk atau jasa tersebut yang jika intensitas ketertarikannya kuat berlanjut ke tahap berhasrat/berminat (Desire) karena barang atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhannya. Jika hasrat dan minatnya begitu kuat baik karena dorongan dari dalam atau rangsangan persuasif dari luar maka konsumen atau pembeli tersebut akan mengambil keputusan membeli (Action to buy) barang atau jasa yang ditawarkan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian pada konsumen adalah Harga, kualitas atau spesifikasi, wujud atau tampilan dan merk. Sedangkan proses pembelian produk gadget yang baik adalah dengan cara mempertimbangkan factor-faktor tersebut.










DAFTAR PUSTAKA
http://coretanbinderhijau.blogspot.com/2013/07/tips-memilih-dan-membeli-gadget-dengan.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

BLOGY IMAJINATIONS Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review