Pages

2 Okt 2014

GAYA HIDUP GADGET & MEDIA SOSIAL DI KALANGAN REMAJA

Diposting oleh bloggy Imajination di 10/02/2014 10:05:00 AM


TREND GAYA HIDUP
GADGET & MEDIA SOSIAL DI KALANGAN REMAJA

Disusun oleh :
TRI YUNI R / 17212466
Kelas : 3EA02



JURUSAN MANAJEMEN S1
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2013/2014

KATA PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan makalah ini.
 Makalah ini ditulis untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Softskill Perilaku Konsumen. Ucapan terima kasih juga saya ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu penulisan makalah ini terutama kedua orang tua saya dan semua keluarga, serta teman sejawat atas doa dan motivasi yang diberikan.
Saya berharap dengan ditulisnya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan pembaa dapat mengetahui berbagai fenomena media social dikalangan remaja saat ini.
Saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih jauh dari yang diharapkan. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan.



  
Penulis,



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang
Seiring dengan perkembangan zaman di era globalisasi saat ini sangat banyak sekali berbagai pengaruh dari trend gaya hidup dikalangan remaja khususnya. Perkembangan teknologi yang lebih canggih dengan berbagai fitur yang menarik didalamnya, membuat remaja lebih tertarik, memang bukan hanya saja remaja tetapi hampir smua kalangan dari muda, tua, anak dan dewasa pun turut menikmati kecanggihannya. Namun pada makalah ini penulis hanya akan membahas pada kalangan remaja khususnya.
Tentunya terdapat pengaruh yang positif dan negatif yang mungkin bisa saja ditimbulkan bagi kalangan remaja masa kini. Dari berbagai fenomena yang hadir saat ini diantaranya adalah dengan semakin maraknya beberapa media social yang sangat digandrungi oleh remaja seperti facebook, Twitter, Path, instagram dll berikut dengan berbagai jenis gadget dan smartphone yang mereka gunakan untuk mengakses media sosial tersebut. Beberapa diantaranya bahkan sampai menimbulkan efek kecanduan dan ketergantungan akan media sosial sehingga para remaja cenderung melupakan tugas dan kewajibannya sebagai generasi muda yaitu belajar. Akhirnya dampak negatif justru semakin terasa jika tidak seimbangnya pengunaan media social dan gadget tersebut, untuk  itu alangkah baiknya peran orang tua dalam kasus fenomena kali ini.
Sebenarnya tidak saja dampak negatif yang dirasakan, ada juga dampak positif yang bisa diambil contohnya anak menjadi lebih up to date akan suatu hal yang baru, berbagai informasi dapat mudah diterima tanpa harus susah payah mencari, komunikasi jadi lebih efisien dan efektif, seperti yang kita tahu dengan adanya media sosial kita bisa mengetahui berbagai aktifitas, lokasi, moment dan berbagai hal didalamnya yang mudah kita dapatkan. Media sosial biasanya digunakan para remaja agar terlihat eksis dan terlihat gaul, tentunya itu semua harus didukung dengan dukungan gadget atau perangkat komuniksi seperti smartphone yang mendukung dengan bebagai spesifkasi yang canggih tentunya.
Seiring perkembangan zaman yang modern tersebut tidak sedikit anak remaja yang selalu berusaha untuk melakukan hal-hal yang dianggapnya keren seehingga ia akan melakukan apapun untuk bisa mendapatkannya, dalam masalah ini pemateri akan memberikan gambaran tentang prilaku remaja menghadapi trend media sosial, sekaligus dampak positif maupun negatifnya dan bagaimana peran orang tua dalam hal ini agar para orang tua bisa memperlakukan anak remajanya jika terjadi hal-hal semacam itu.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Mengetahui Teori Prilaku konsumen dan gaya hidup
2.      Bagaimana cara menggunakan gadget dan media sosial dengan sebaik-baiknya?
3.      Bagaimana solusi untuk menghindar dari terjadinya dampak negatif dari gadget dan media sosial ?
4.      Bagaimana peran orang tua dalam hal ini?

1.3  Tujuan
1.      Mengindentifikasi dan mengetahui efek negatif dan positif gadget dan media sosial
2.      Menyelesaikan masalah-masalah dampak gadget
3.      Mengetahui gaya hidup dan perilaku pelajar/remaja terhadap penggunaan gadget
4.      Mengetahui perilaku dan timbulnya konsumerisme yang terjadi dikalangan remaja
5.      Aspek-aspek yang memepengaruhi masuknya dan penggunaan gadget


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Teori Gaya Hidup dan Prilaku Konsumen
  • Gaya hidup didefinisikan sebagai pola dimana orang hidup dan menggunakan uang dan waktunya (Engel, Blackwell dan Miniard, 1995).
  • Gaya hidup mencerminkan pola konsumsi yang menggambarkan pilihan seseorang bagaimana ia menggunakan waktu dan uang (Solomon, 1999)
·         Perilaku Konsumen merupakan suatu tindakan yang tunjukkan oleh konsumen dalam hal mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka
Gaya hidup merupakan pola hidup yang menentukan bagaimana seseorang memilih untuk menggunakan waktu, uang dan energi dan merefleksikan nilai-nilai, rasa, dan kesukaan. Gaya hidup adalah bagaimana seseorang menjalankan apa yang menjadi konsep dirinya yang ditentukan oleh karakteristik individu yang terbangun dan terbentuk sejak lahir dan seiring dengan berlangsungnya interaksi sosial selama mereka menjalani siklus kehidupan.
Konsep gaya hidup konsumen sedikit berbeda dari kepribadian. Gaya hidup terkait dengan bagaimana seseorang hidup, bagaimana menggunakan uangnya dan bagaimana mengalokasikan waktu mereka. Kepribadian menggambarkan konsumen lebih kepada perspektif internal, yang memperlihatkan karakteristik pola berpikir, perasaan dan persepsi mereka terhadap sesuatu.
Gaya hidup seringkali digambarkan dengan kegiatan, minat, dan opini dari seseorang. Gaya hidup biasanya tidak permanen dan cepat berubah. Seseorang mungkin dengan cepat mengganti model dan merek pakaiannya karena menyesuaikan dengan perubahan hidupnya.
Gaya hidup yang diinginkan oleh seseorang mempengaruhi perilaku pembelian yang ada dalam dirinya, dan selanjutnya akan mempengaruhi atau bahkan mengubah gaya hidup individu tersebut.
Berbagai faktor dapat mempengaruhi gaya hidup seseorang diantaranya demografi, kepribadian, kelas sosial, daur hidup dalam rumah tangga. Kasali (1998) menyampaikan beberapa perubahan demografi Indonesia di masa depan, yaitu penduduk akan lebih terkonsentrasi di perkotaan, usia akan semakin tua, melemahnya pertumbuhan penduduk, berkurangnya orang muda, jumlah anggota keluarga berkurang, pria akan lebih banyak, semakin banyak wanita yang bekerja, penghasilan keluarga meningkat, orang kaya bertambah banyak, dan pulau Jawa tetap terpadat.
2.2 Cara Menggunakan Gadget dan Media Sosial dengan Baik
Secara estimologi, gadget adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Alat elektronik yang memiliki pembaharuan dari hari ke hari sehingga membuat hidup manusia lebih praktis. Sedangkan media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Cara bagaimana mengunakan gadget dan fitur-fitur didalamnya khususnya media sosial adalah dengan cermat dalam pemakaian, yang artinya pemakaian gadget tersebut dengan bijaksana dan tidak berlebihan. Memperhatikan segala bentuk kegiatan dan aktifitas yang sekiranya hanya yang benar-benar penting, namun kebanyakan dari remaja saat ini dalam penggunaan gadget sangat berlebihan, sehingga rata-rata remaja Indonesia tidak bisa hidup tanpa gadget,. Mereka lebih rela tidak makan dibandingkan melepas gadget mereka dari tangan, jika hal ini terjadi mungkin sudah timbul efek kecanduan tersebut. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membiasakan diri untuk tidak terlalu bergantung pada gadget yang dimiliki, lakukanlah aktifitas yang lebih menyenangkan dan lebih bermanfaat, seperti yang kita ketahui dalam setiap gadget memiliki radiasi yang cukup tinggi dan berbahaya jika sampai terpapar secara berlebihan. Untuk itu bijaklah dalam penggunaan dan pemanfatannya sehingga dalam setiap pengunaan kita mendapat manfaat dan menghindari kemungkinan resiko yang buruk.
2.3 Solusi Menghindar dampak negatif dari Gadget dan Media Sosial
Berikut beberapa dampak negative penggunaan gadget adalah :
1.      Malas belajar/kurangnya perhatian terhadap pelajaran
2.      Malas membantu orang tua
3.      Pancaran sinar gadget bisa membuat mata jadi susah berkedip jika terlalu lama dipakai sehingga mengakibatkan kejelian mata berkurang.
4.      Lebih suka keluar rumah (misalnya pergi ke warnet/diajak jalan dengan  teman lewat handphone)
5.      Tidur sampai larut malam (baca BBM,Line,whatsapp,path,twitter dll)
6.      Lupa waktu
7.      Jarang sholat
Apakah anda pernah merasakannya? Jika iya! berikut cara mengatasinya:
a.       Perlakukan Sesuai Fungsi Dasarnya
b.      Membatasi Komunikasi
c.       Kurangi Pemakaian Smartphone Secara Bertahap
d.      Perbanyak Berbicara Secara Langsung
e.       Gunakan dengan bijaksana
2.4 Peran Orang Tua dalam menyikapi fenomena Gadget dan Media Sosial
Sejauh ini trend gadget canggih berpengaruh buruk pada anak, terlebih tak semua remaja memiliki uang saku, fasilitas komunikasi dan transportasi yang melimpah. Beberapa kasus bunuh diri atau kejahatan yang melibatkan anak dan remaja belakangan ini ironisnya disebabkan oleh kebutuhan mereka akan barang-barang mewah seperti Smartphone. Setelah kasus penusukan kawan sekelas yang dilakukan seorang siswa SD di Depok baru-baru ini, seorang pelajar SMP bunuh diri karena orangtuanya tak membelikan dia  BlackBerry  yang dimintanya
Budaya konsumerisme saat ini sudah semakin parah, sehingga perlu adanya upaya bagaimana mengubah perilaku konsumtif menjadi produktif dan hal tersebut harus dilakukan secara masif dari lingkungan terkecil dan sejak dini. Konsumerisme, hedonisme, hilangnya rasa kesantunan dan etika bersosialisasi di kalangan anak-anak atau remaja mengakibatkan sebuah polemik yang harus ditindak lanjuti oleh semua pihak, agar jati diri bangsa tidak punah begitu saja. Solusi yang tepat agar dapat meminimalisir berkembangnya budaya konsumerisme adalah para orang tua memberikan pengertian pada anak-anaknya untuk memberikan skala priotitas yang akan dikonsumsi agar dapat digunakan secara efektif.
Tantangan orang tua semakin berat, apalagi dengan bebasnya anak mengakses internet melalui gadget atau mobile internet kapan saja dan dimana saja, mereka bebas online tanpa ada aturan. Buntutnya mereka bisa mengakses situs apa saja termasuk situs-situs dewasa. Selain itu terkadang anak lebih tahu banyak tentang apa pun dari internet dibandingkan dengan orang tuanya. Anak sudah bisa mengunggah foto, video, streaming, chatting, posting dan lain sebagainya. Apalagi bagi anak yang sudah menginjak usia remaja, mereka menginginkan yang namanya kebebasan. 


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
            Mengikuti perkembangan zaman dengan tekhnologi yang semakin canggih adalah salah satu kesenangan tersendiri khususnya bagi para remaja yang notabene senang mengeksplore segala hal terbaru yang menurut mereka sangat menarik. Entah hannya sekedar ikut-ikutan trend bahkan sampai menjaadi gaya hidup. Hal ini merupakan fenomena yang terjadi saat ini dimana era digital berkembang begitu pesat dengan diciptakannya gadget canggih atau smartphone dengan fitur-fitur menarik seperti beberapa media sosial yang sedang digandrungi remaja seperti Path, twitter, instagram dll.
            Ketika penggunaan gadget tak lagi seimbang sehingga banyak sekali dampak negatif yang dirasakan seperti efek kecanduan dan ketergantungan akan penggunaan gadget sehingga anak menjadi lebih malas dalam belajar. Disinilah peran oran tua atau guru sangat penting, dimana perhatian khusus harus diberikan pada sang buah hati agar jangan sampai terjerumus ke hal-hal negatif. Orang tua harus memberikan pengertian-pengertian bahwa bijaklah dalam penggunaan gadget tersebut sehingga meminimalkan resiko buruk terhadap anak.


DAFTAR PUSTAKA
http://www.didno76.com/2013/07/peran-orang-tua-mengatasi-tren-mobile.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

BLOGY IMAJINATIONS Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review