Pages

24 Nov 2013

Fenomena Remaja masa Kini

Diposting oleh bloggy Imajination di 11/24/2013 01:07:00 AM
Sangat menyedihkan bukan? ketika pemuda pemudi para penerus bangsa yang diharapkan menjadi sosok Terbaik melakukan sesuatu hal yang tidak baik bahkan diluar kewajaran, berbagai kenakalan remaja saat ini sangat beragam, terutama Tawuran antar Pelajar, bukan hanya saja tawuran , masih banyak lagi berbagai tingkah laku remaja saat ini yang terbawa oleh arus globalisasi di zaman modern saat ini, contohnya prilaku-prilaku menyimpang antara lain, Bullying (menganiaya/mengejek) menempatkan seseorang sebagai bahan atau objek bahan lelucon oleh sesama rekannya, hal ini mungkin pemicu dari berbagai perselisihan diantara mereka yang memicu tawuran misalnya. 
Kali ini saya akan membahas tentang fenomena Tawuran pelajar, dalam setiap pemberitaan di televisi banyak sekali kejadian tawuran yang dilakukan pelajar, memang sangat memprihatinkan ketika para pelajar yang seharusnya belajar mereka malah melakukan hal-hal yang diluar dugaan guru bahkan orangtua mereka, Korban pun berjatuhan, lalu siapakah yang  patut disalahkan?! Dampak dari tawuran sendiri selain jatuhnya korban jiwa, luka-luka, bahkan traumatik bagi para korban dan semua orang yang berada disekeliling tempat kejadian, dijakarta saja akhir-akhir ini banyak sekali tawuran antar pelajar dikawasan tempat umum yang sangat meresahkan warga, bahkan biasanya pelajar melakukan tindakan kekerasan, perusakan bahkan penjarahan. Ironi memang ketika korban dari tawuran itu sendiri bukan si pelaku dari tindak tawurannya, tetapi pelajar yang salah sasaran, kalau sudah begitu siapa yang harus dihukum? Persoalan itu yang membuat para penegak Hukum bingung dengan kenakalan remaja saat ini, ketika mereka dihukum penjara karena bersalah, disisi lain mereka juga masih dibawah umur dan harus masih bersekolah mengenyam pendidikan untuk masa depannya, sekalipun adanya UU perlindungan anak, seringkali penegakan hukum yang tidak jelas membuat para pelajar tidak merasakan efek jera sama sekali. Masyarakatpun geram seringkali ketika para pelajar melakukan aksi tawuran seperti saling lempar batu, kayu bahkan membawa senjata tajam dan mengganggu, mereka sama sekali tidak takut akan bahaya tersebut, yang penting bagi mereka adalah kemenangan melawan musuh dan melampiaskan kemarahan atau kekesalan dengan cara apapaun, kita tahu bahwa remaja yang masih memiliki emosional labil selalu berapi-api dan mudah terpengaruh oleh berbagai faktor, mulai dari hanya ikut-ikutan, atau diperintah ketua (seniornya), penyebab dari tawuran ini berbagai macam alasan seperti adanya dendam masa lalu, yang turun temurun dari kaka senior bahkan alumni atau berbagai persoalan yang sepele sekalipun dapat menjadi pemicu tawuran itu sendiri.
Tawuran dikalangan pelajar sebenernya bisa dicegah, perhatian orang tua dan Guru disekolah yang memberi pengertian akan dampak tawuran tersebut, memberika hukuman atau efek jera bagi siapapun yang melakukan aksi-aksi diluar kewajaran itu, ancaman hukuman skorsing bahkan dikeluarkan dari sekolah, bagaimana cara para pelajar yang berkewajiban belajar agar menjadi sosok penerus yang berguna dan bermanfaat bagi bangsa dimasa yang akan datang dapat terwujud sesuai dengan keinginan dan harapan para orang tuanya. Memberikan contoh yang baik dilingkungan keluarga, perhatian lebih dan pengawasan yang baik, memberikan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat bagi para pelajar seperti Sepak bola, Bermain Musik, apapun itu yang membuat mereka lebih sibuk dengan kegiatan-kegiatan positifnya.
Semoga dengan banyaknya kejadian tawuran yang memberikan dampak negative dan berbagai kerugian yang dialami, tidak ada lagi pelajar-pelajar yang melakukan hal tersebut. Sehingga mereka dapat berkonsentrasi lebih baik lagi untuk masa depannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

BLOGY IMAJINATIONS Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review