Pages

16 Nov 2015

KEGIATAN CSR PT. PLN (Persero)

Diposting oleh bloggy Imajination di 11/16/2015 04:07:00 PM
PENDAHULUAN

 PT. PLN adalah salah satu perusahaan BUMN milik Negara, salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang energi Listrik untuk kehidupan masyarakat Indonesia. PLN telah “berkomitmen menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, mengupayakan tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan”. Oleh karena itu PLN sebagai perusahaan yang berwawasan lingkungan menjalankan Program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai tanggung jawab dan kewajiban terhadap lingkungan khususnya masyarakat.

Wewenang dan tanggung jawab Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) PT PLN (Persero), mencakup di antaranya:

· Menyusun dan melaksanakan kebijakan pemberdayaan masyarakat di lingkungan perusahaan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan dan CSR dengan lingkup kegiatan Community relation, Community Services, Community Empowering dan Pelestarian alam.

· Menyusun dan melaksanakan program kepedulian sosial perusahaan.

· Menyusun dan melaksanakan program kemitraan sosial dan bina UKM dan peningkatan citra perusahaan.

· Memastikan tersedianya dan terlaksananya program pelestarian alam termasuk penghijauan dan upaya pengembangan citra perusahaan sesuai dengan prinsip Good Corporate Governance.

Salah satu kegiatan CSR yang dilakukan oleh PT. PLN adalah sebagai berikut :

PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CSR)

a) Community Relation

Beberapa kegiatan yang dilakukan PT. PLN antara lain: melaksanakan sosialisasi instalasi listrik, contohnya melalui penerangan kepada pelajar SMA di Jawa Barat tentang SUTT/SUTET, dan melaksanakan sosialisasi bahaya layang-layang di daerah Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur

b) Community Services

Program bantuan dalam kegiatan ini berkaitan dengan pelayanan masyarakat atau kepentingan umum. Kegiatan yang dilakukan selama tahun 2011, antara lain memberikan :

· Bantuan bencana alam.

· Bantuan peningkatan kesehatan di sekitar instalasi PLN, antara lain di Kelurahan Asemrowo, Surabaya yang berada di sekitar SUTT 150kV Sawahan-Waru.

· Bantuan sarana umum pemasangan turap untuk warga pedesaan di Kecamatan Rumpin – Kabupaten Bogor, Jawa Barat serta bantuan pengaspalan jalan umum di Bogor – Buleleng, Bali.

· Bantuan perbaikan sarana ibadah.

· Operasi Katarak gratis di Aceh, Pekanbaru, Jawa Barat, dan kota lainnya di Indoenesia

· Bantuan Sarana air bersih,

c) Community Empowering

Kegiatan ini terdiri dari program-program yang memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk menunjang kemandiriannya. Kegiatan yang dilakukan  antara lain:

· Bantuan produksi dan pengembangan pakan ikan alternatif di sekitar SUTET, bekerja sama dengan Fakultas Pertanian UGM.

· Bantuan alat pertanian kepada kelompok tani Ngaran Jaya Kabupaten Kulonprogo, Jawa Tengah.

· Bantuan pengembangan budi daya pertanian pepaya organik untuk komunitas di sekitar Gunung Merapi Yogyakarta yang bekerja sama dengan Fakultas Pertanian UGM.

· Bantuan pengembangan pola tanam padi SRI produktivitas tinggi

· Bantuan pelatihan pengembangan budi daya tanaman organik di sekitar instalasi PLN

· Pemberdayaan anggota PKK Asemrowo, Surabaya.

· Program budi daya jamur tiram masyarakat Desa Umbul Metro, Lampung.

· Bantuan Pelatihan budidaya rumput lain di Kalimantan Timur

· Bantuan Pelatihan kelompok tani tambak ikan tawar Danau Sentani, Papua

· Pelatihan manajemen UKM dan Kiat-kiat pengembangan UKM di Papua

· Pelatihan manajemen pemasaran dan keuangan bagi pengrajin souvenir khas Papua

· Penyuluhan pertanian untuk petani di Genyem, Papua

· Pemberian bibit coklat masyrakat dibawah ROW P3B Sumatera

ANALISIS

 PT. PLN merupakan perusahaan yang sangat berpengaruh dalam hajat hidup masyarakat Indonesia, karena PLN adalah satu-satunya perusahaan yang bergerak dibidang energi khususnya Listrik. PLN sebagai perusahaan yang besar telah melakukan berbagai kegiatan CSR seperti yang telah dijelaskan dalam pendahuluan, kegiatan CSR akan sangat bermanfaat bagi masrakat pada umumnya dan pada khususnya adalah bagi seluruh kalangan yang telah menikmati kegiatan CRS tersebut. Salah satu contoh kegiatan CSR yang sangat memberikan manfaat misalnya adalah ketika PLN meberikan berbagai bantuan kepada masyarakat. Bantuan bencana Alam dan Operasi katarak diantaranya, merupakan salah satu dedikasi PT.PLN kepada masyarakat untuk menunjukan bahwa PLN memperhatikan dan peduli terhadap lingkungannya dan masyarakatnya, memberikan penyuluhan kepada siswa sekolah tentang bahaya SUTET dan lainnya. Saya yakin kegiatann CSR yang dilakukan PT. PLN akan sangat bermanfaat dan sangat berguna bagi masyarakat, karena al itu sangat membantu masyarakat tersebut, meringankan beban masyarakat dan memberikan pengetahuan tentang kelistrikan bagi siswa siswi. Kegiatan CSR juga dapat menjadikan citra PLN semakin baik dimata masyarakat karena kepeduliannya terhadap lingkungan, terbukti dengan PLN yang semakin dipercaya dan tetap menjadi pilihan masyarakat. Untuk itu diharapkan PT.PLN terus mengembangkan dan melakukan berbagai kegiatan CSR secara berkelanjutan dan terus menerus sebagai bukti tanggung jawab kepada lingkungan dan masyarakatnya. Terima Kasih PT.PLN telah menjadi salah satu perusahaan yang telah menjalankan kewajiban dan tanggung jawabnya dengan baik.

REFERENSI

Website Resmi PT. PLN www.pln.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

 

BLOGY IMAJINATIONS Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review