Pages

26 Okt 2015

INDUSTRI BATU ALAM

Diposting oleh bloggy Imajination di 10/26/2015 10:33:00 PM


PENDAHULUAN
            Industri Batu Alam di daerah Cirebon Jawa barat meupakan salah satu Industri yang sangat menjanjikan, dengan adanya sumber daya alam yaitu Gunung Bebatuan Kapur menjadikan salah satu sumber yang paling menguntungkan, khususnya bagi masyarakat sekitar daerah tersebut. Gunung Batu Kapur yang berada di daerah Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Cirebon ini menjadi salah satu tempat yang menjadi mata pencaharian masyarakatnya. Dengan bebas batu-batuan tersebut digali dan diambil dengan berbagai cara baik tradisional maupun modern dengan alat-alat berat. Maka dari itu berbagai pabrik-pabrik berdiri dan pengusaha-pengusaha batu alam pun mulai bermunculan. Awalnya industri Batu alam dipelopori oleh salah satu Yayasan yang berdiri sejak puluhan tahun lalu, Yayasan ini bernama AL-ISHLAH. Mengelola berbagai usaha dari mulai bahan pokok, fasilitas pendidikan, koperasi, waralaba, Bank sampai kerajinan batu Alam. Sampai sekarang yayasan ini masih berdiri dan terus mengembangkan segala bentuk usahanya. Kerajinan Batu Alam dapat diaplikasikan untuk berbagai hal seperti bahan bangunan dan aksen dari sebuah rumah. Batu Alam yang diproduksi dapat diaplikasikan untuk hiasan, pagar dan dinding agar terlihat lebih alami karena menggunakan bahan dari alam.
TEORI
Utilitarianisme adalah suatu idea atau faham dalam falsafah moral yang menekankan prinsip manfaat atau kegunaan dalam menilai suatu tindakan sebagai prinsip moral yang paling dasar.
            Teori Utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat. Dengan prinsip kegunaan, dimaksudkan prinsip yang menjadikan kegunaan sebagai tolok ukur pokok untuk menilai dan mengambil keputusan, apakah suatu tindakan secara moral dapat dibenarkan atau tidak.
ANALISIS
            Berdasarkan profil dan teori diatas bahwa dengan adanya Industri Batu Alam tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya khususnya bagi para pengrajin dan para pengusaha Batu Alam, dengan adanya Industri tersebut terbukti menumbuhkan perekonomian dan menciptakan lapangan pekerjaan. Permintaan Batu Alam diminati oleh berbagai konsumen dari dalam negeri sampai luar negeri. Namun terlepas dari manfaat dan keuntungan yang didapat, terdapat dampak buruk salah satunya bagi lingkungan sekitar. Limbah yang dihasilkan dari proses pemotongan bongkahan batu menjadi salah satu masalah yang dihadapi. Limbah tersebut mencemari kawasan pertanian dan perikanan, seiring dengan semakin majunya Industri Batu Alam, semakin mundur pula produk Pertanian dan Perikanan di daerah tersebut. Walaupun pada dasarnya limbah yang dihasilkan tidak mengandung racun berbahaya, tetapi endapan dari hasil batu tersebut dapat membuat sungai dan sawah menjadi dangkal. Oleh karena itu saat ini para pengusaha mulai berfikir lagi untuk tidak mencemari lingkungan salah satunya dengan membuat kolam tampungan air limbah batu tersebut, dan setelah  air batu tersebut didendapkan maka hasil dari endapan tersebut dapat menjadi salah satu bahan bangunan yang dapat dijual kembali. Tetapi kenyataannya dari sekian banyak pengusaha dan pabrik yang berdiri hanya sebanyak 15% saja yang sudah memiliki Kolam endapan limbah. Untuk itu dibutuhkan peran pemerintah yang harus tegas dalam menangani Indstri Batu Alam khususnya dalam pengelolaan limbah.
            Selain itu ekploitasi Gunung Batu secara berlebihan terkadang mengundang bencana sperti yang terjadi beberapa bulan yang lalu, terjadi longsor batuan dari puncak gunung dan menelan korban jiwa. Kurang lebih 10 orang tertimbun didalamnya dan tidak berhasil ditemukan, termasuk berbagai alat berat dan kendaraan seperti truck dll. Maka dari itu bijaklah dalam menggali setiap apa yang ada di alam karena keserkahan dalam mengelola alam bisa jadi akan mengundang bencana. Dibutuhkan tindakan pemerintah secara tegas sesuai peraturan pemerintah dan UU yang berlaku, agar para pelaku usaha tidak lupa dengan hak dan kewajibannya

REFERENSI
Materi Pertemuan 3 Etika Utilitarianisme
Dosen Mata Kuliah Bapak Wardoyo


0 komentar:

Posting Komentar

 

BLOGY IMAJINATIONS Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review