Pages

26 Jun 2014

MENGAMATI PEMILU PRESIDEN 2014

Diposting oleh bloggy Imajination di 6/26/2014 04:01:00 AM


TUGAS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
“MENGAMATI PEMILU PRESIDEN 2014”
VISI MISI CAPRES & CAWAPRES




Disusun oleh:
Tri Yuni R / 17212466
Semester 4
2EA02


UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI
MANAJEMEN S1
ATA 2014/2015
KATA PENGANTAR


Puji syukur saya ucapkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan makalah ini.
 Makalah ini ditulis untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Softskill Pendidikan Kewarganegaraan. Ucapan terima kasih juga saya ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu penulisan makalah ini terutama kedua orang tua saya atas doa dan motivasi yang diberikannya.
Saya berharap dengan ditulisnya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat menjadi salah satu rujukan bagi para pemilih untuk menentukan pilihan Presiden di masa yang akan datang, sehingga dapat memilih sesuai dengan hati nuraninya.
Saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih jauh dari yang diharapkan. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan.



  
Penulis,

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Pesta demokrasi yang akan diselenggarakan di Indonesia pada 9 Juli 2014 mendatang merupakan langkah awal dari setiap perubahan yang diinginkan bangsa ini. Terlepas dari siapa sosok calon pemimpin bangsa ini, banyak sekali impian dan harapan-harapan masyarakat yang ingin terwujud dan terealisasikan. Masyarakat sepertinya sudah lelah dengan janji- janji politik yang sepertinya hanya rayuan manis yang tak pernah terbukti. Masyarakat sering dikecewakan oleh pemerintahan terdahulu, dengan banyaknya kasus Korupsi, Kolusi dan Nepotisme yang ukan oleh para pemerajalela dilakukan oleh para pejabat yang seharusnya memberikan contoh yang baik bagi masyarakatnya.
Di tahun 2014 ini banyak sekali harapan yang ingin terwjud dan berharap pemerintahan lima tahun mendatang akan jauh lebih baik dan dapat membuat masyarakat lebih sejahtera dibanding kehidupan di masa yang lalu. Untuk itu dengan telah ditentukannya calon presiden dan wakil presiden mendatang yaitu Prabowo-Hatta dan Jokowi-Jusuf Kalla semoga mereka dapat mengemban amanah harapan cita-cita bangsa ini, menjadi pemimpin yang mementingkan kepentingan Rakyat, Menjadikan Indonesia sebagai Negara yang sejahtera, lebih mandiri dari segala jenis bidang baik Ekonomi, Sosial, Budaya, Pendidikan, Ketahanan, dll. Menjadi pemimpin yang adil, berani mengambil keputusan dengan meminimalkan resiko terburuk sekalipun, menjadkan Negara Indonesia yang lebih berwibawa di mata Dunia.
  
1.2  Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah kali ini adalah bagaimana mengawasi jaalannya pemilu 2014 dan bagaimana memilih dan menganalisis visi-misi calon presiden dan calon wakil presesiden agar tidak salah pilih dan m enyesal dikemudian hari.
Sehingga pemilih dapat memilih calon pemimpinnya sesuai dengan hati nurani tidak hanya berdasarkan visi misi tetapi melihat keseluruhan dari si calon Presiden dan wakil Presdinnya.
1.3 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan bahwa makalah ini mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
    1.      Mengapa masyarakat Indonesia harus memilih Calon Presiden dan wakilnya?
    2.      Bagaimana Menganalisis Visi misi yang baik dari kedua calon tersebut?
    3.      Bagaimana memilih calon yang terbaik dari yang baik?

1.4 Tujuan
    1.       Menjelaskan alasan Kenapa Masyarakat harus memilih pemimpinnya
    2.      Mengetahui dan dapat mengawasi jalannya pemilu yang baik
    3.      Memilih dan menganalisis Visi misi calon Presiden dan wakilnya yang paling Realistis

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Mengapa masyarakat Indonesia harus memilih Calon Presiden dan wakilnya
Dalam menjawab pertanyaan mengapa masyarakat harus memilih dalam pemilu adalah agar tujuannya hak suara tersebut dapat bermanfaat bagi suara atau dukungan untuk pemerintahan yang akan datang, oleh karena itu sebaiknya masyarakat sangat disarankan dan diwajibkan untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilu mendatang, agar hak suara tersebut tidak disalah gunakan oleh oknum-oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab yang membuat kecurangan dalam jumlah suara pemilih.
Jika masyarakat menggunakan hak suaranya, itu sama saja setidaknya akan mengurangi jumlah surat suara yang tidak digunakan tersebut. Memilih juga berarti telah ikut serta melakukan dan mendukung perubahan bagi bangsa ini, ikut serta dalam mewujudkan mimpi cita-cita dan harapan agar ndonesia jauh lebih baik lagi d masa yang akan datang dengan memilih salah satu calon presiden dan wakil presiden yang dipilih sesuai hati nurani dan jangan mudah terpengaruh bahkan terprovokasi oleh orang ain, yang belakang ini sangat ramai tentang Kampanye hitam yang sangat sulit sekali dipercaya mana yang benar dan mana yang salah.
Memilih calon pemimpin adalah sama saja memilih masa depan, keberhasilan suatu Negara sangat berpengaruh terhadap siapa sosok pemimpin yang memimpinnya. Dalam memilih calon pemimpin biasanya tidak hanya secara subjektif atau objektif namun dilihat dari semua aspek yang berhubungan dengan si calon tersebut. Visi misi adalah saah satu hal penting yang harus diperhatikan, memang semua Visi Misi pasti semuanya akan bertujuan baik dan membangun tetapi kita harus menganalisa Visi misi suatu calon Presiden dan wakilnya apakah realistis atau tidak, dan tentunya harus dapat direalisasikan dan tidak hanya menjadi janji-janji belaka.

2.2 Menganalisa Visi Misi Calon Presiden dan Wakilnya
            Kali ini akan dianalisis Visi Misi dari Calon Presiden masing-masing, seperti kita tahu, telah ditentukan dua calon kandidat Presiden dan wakil Presiden. Dalam urutan pertama Prabowo dan Hatta Radjasa dan diurutan kedua Joko Widodo dan Jusuf Kalla, kedua kandidat tersebut telah ditentukan KPU. Berikut Visi Misi calon Presiden dan Wakil Presiden.
1.        Visi misi utama
Jokowi-JK :
Visi :
Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri serta berkepribadian berlandaskan gotong-Royong.
Misi :
·   Wujudkan keamanan nasional yang dapat melindungi kedaulatan lokasi, menyokong kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya maritim, serta mencerminkan kepribadian Indonesia untuk negara kepulauan.
·    Wujudkan orang-orang maju, berkeseimbangan serta demokratis berlandaskan Negara hukum.
·           Wujudkan politik luar negeri bebas-aktif serta memperkuat jati diri untuk negara maritim.
·           Wujudkan mutu hidup manusia Indonesia yang tinggi, maju serta sejahtera.
·           Wujudkan bangsa yang berdaya-saing.
·      Wujudkan Indonesia jadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, serta berbasiskan    kebutuhan nasional
·           Wujudkan orang-orang yang berkepribadian dalam kebudayaan.
Prabowo-Hatta : 
Visi :  
Bangun Indonesia yang menyatu, berdaulat, adil serta makmur dan bermartabat
Misi :
·       Wujudkan Indonesia yang berdaulat, aman serta damai, bermartabat, demokratis, bertindak aktif dalam perdamaian dunia, dan berkelanjutan melakukan Pancasila serta UUD 45.
·        Wujudkan Indonesia yang adil, makmur, berkerakyatan, serta yakin diri hadapi globalisasi.
·      Wujudkan Indonesia yang berkeadilan sosial, dengan sumber daya manusia yang berakhlak berbudaya mulia ; berkwalitas tinggi : sehat, cerdas, kreatif serta terampil.
2. Agenda kerja
Jokowi-JK tawarkan 9 Agenda Prioritas yang terdiri :
·          Kami bakal mendatangkan kembali Negara membuat perlindungan seluruh bangsa ser   ta berikan rasa aman pada semua warga negara.
·        Kami bakal bikin Pemerintah tak tidak hadir dengan bangun tata kelola Pemerintahan yang bersih, efisien, demokratis, serta terpercaya.
·      Kami bakal bangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat Daerah-daerah serta Desa dalam kerangka Negara Kesatuan.
·        Kami bakal menampik Negara lemah dengan lakukan reformasi system serta penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat serta terpercaya.
·       Kami bakal menambah mutu hidup manusia Indonesia dengan Indonesia Pandai, Indonesia Kerja, serta Indonesia Sejahtera.
·           Kami bakal menambah produktivitas rakyat serta daya saing di pasar internasional.
·          Kami bakal wujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan bidang-sektor strategis ekonomi domestik.
·  Kami bakal lakukan revolusi ciri-ciri bangsa, lewat kebijakan capekaan kembali kurikulumpendidikan nasional dengan memprioritaskan segi pendidikan kewarganegaraan (civic education), yang meletakkan dengan cara seimbang segi pendidikan, seperti : pengajaran histori pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotism serta cinta tanah air, semangat bela negara serta budi pekerti didalam kurikulum pendidikan Indonesia.
·           Kami bakal memperteguh Ke-Bhineka-an serta memperkuat restorasi sosial Indonesia.
Prabowo-Hatta tawarkan Agenda serta Program Riil Untuk Menyelamatkan Indonesia :
·           Bangun perekonomian yang kuat, berdaulat, adil serta makmur
·           Melakukan ekonomi kerakyatan
·           Bangun kembali kedaulatan pangan, daya serta sumberdaya alam
·           Menambah mutu sumberdaya manusia dengan melakukan reformasi pendidikan
·           Menambah mutu pembangunan sosial lewat program kesehatan, sosial, agama, budaya serta  olahraga
·           Mempercepat pembangunan infrastruktur
·           Melindungi kelestarian alam serta lingkungan hidup
·           Bangun pemerintahan yang membuat perlindungan rakyat, bebas korupsi serta efisien melayani.
3. Bagian kesehatan
            Untuk bagian kesehatan Jokowi serta JK memiliki komitmen memperjuangkan kebijakan spesial untuk penuhi keperluan service kesehatan, piranti serta alat kesehatan serta tenaga terutama untuk masyarakat di pedesaan serta daerah terpencil sesuai sama dengan kondisi serta keperluan mereka. Sediakan system perlindungan sosial bagian kesehatan yang inklusif serta sediakan jaminan persalinan gratis untuk tiap-tiap wanita yang lakukan persalinan. Membagikan biaya negara sedikitnya 5% dari biaya negara untuk penurunan AKI, Angka kematian bayi serta balita, pengendalian HIV serta AIDS, penyakit menular serta penyakit kritis.
            Sedangkan Prabowo serta Hatta menyebutkan bakal menanggung service kesehatan gratis untuk rakyat miskin lewat percepatan proses BPJS Kesehatan.
4. Bagian pendidikan
            Di bagian pendidikan, Jokowi-JK berjanji mengadakan pendidikan 12 th. yang bekualitas serta tiada cost di semua Indonesia dan mengaplikasikan nilai-nilai kesetaraan gender serta penghargaan pada keberagaman dalam pendidikan.
Lalu lakukan revolusi ciri-ciri bangsa lewat kebijakan capekaan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan memprioritaskan segi pendidikan kewarganegaraan (civic education), yang meletakkan dengan cara seimbang segi pendidikan, seperti : pengajaran histori pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme serta cinta tanah air, semangat bela negara serta budi pekerti didalam kurikulum pendidikan Indonesia.
            Kami akan mengevalusi pada jenis penyeragaman dalam system pendidikan nasional -termasuk di dalamnya Ujian Akhir Nasional serta pembentukan kurikulum yang melindungi keseimbangan segi muatan lokal (daerah) serta segi nasional, dalam rencana bangun pemahaman yang hakiki pada ke-Bhineka-an yang Tunggal Ika. Untuk pendidikan basic, pembobotan dikerjakan dengan mengutamakan 70% substansinya mesti diisi perihal budi pekerti serta pembangunan ciri-ciri peserta didik (sisi dari revolusi mental).
            Untuk pendidikan tinggi, 60% politeknik serta 40% sains. Kami akan berikan jaminan hidup yang cukup beberapa guru dengan pemberian tunjangan fungsional yang cukup bagi mereka yang ditugaskan di daerah terpencil, pemberian asuransi yang menanggung keselamatan kerja, fasilitas-fasilitas yang cukup dalam usaha pengembangan keilmuan dan promosi kepangkatan serta karier.
            Kami akan lakukan pemerataan sarana pendidikan di semua lokasi terlebih wilayah-wilayah yang sampai kini diidentifikasi untuk area dimana tingkat serta service pendidikan rendah atau jelek mesti dikerjakan. Satu diantaranya, yaitu penyediaan serta pembangunan fasilitas transportasi serta perbaikan akses jalan menuju sarana pendidikan/sekolah dengan mutu yang cukup hingga beberapa peserta didik serta guru di semua lokasi bisa menjangkau sekolah dengan cara fisik yang aman. Kami akan buat kebijakan rekrutmen serta distribusi tenaga pengajar (guru) yang berkualitas akan dikerjakan dengan cara rata.
            Sedangkan Prabowo serta Hatta berjanji memperkuat ciri-ciri bangsa yang berkepribadian Pancasila, menjunjung tinggi karakter jujur, disiplin, patuh pada hukum, toleransi pada perbedaan suku agama serta ras, menghormati budaya bangsa lewat pendidikan Pancasila, kebangsaan serta budi pekerti.
Lakukan realokasi serta penambahan efisiensi pada pos-pos membeli pendidikan dalam APBN yang dilihat tak efisien serta atau boros.
            Melakukan harus belajar 12 th. dengan cost negara, meniadakan pajak buku pelajaran, menghentikan pergantian buku pelajaran tiap-tiap th., serta meningkatkan pendidikan jarak jauh terlebih untuk daerah yang susah terjangkau serta miskin.
            Menambah martabat serta kesejahteraan guru, dosen serta penyuluh. Jadikan guru untuk profesi terhormat, sejahtera serta bertanggungjawab, diantaranya lewat : (a) pengiriman tunjangan profesi guru bersertifikat segera ke rekening guru yang berkaitan, (b) merekrut 800 ribu guru sepanjang 5 th.. (c) menambah tunjangan profesi guru jadi rata-rata Rp 4 juta per bln..
            Membuat revisi kurikulum nasional dengan memantapkan pengembangan budaya bangsa yang berlandaskan Pancasila serta UUD 1945, memajukan karsa serta karya bangsa yang mempunyai daya saing tinggi, memakai serta meningkatkan ilmu dan pengetahuan serta teknologi, dan menjunjung kearifan lokal ; serta mewajibkan kembali kurikulum matematika serta bhs Inggris untuk sekolah basic dan pendidikan anti korupsi.
            Melakukan perbaikan dengan cara masif mutu dari sarana pendidikan di semua SD, SMP serta SMA dan pesantren/sekolah agama sederajat, lewat pengalokasian Dana Perbaikan Mutu Sarana Pendidikan (DPKFP) rata-rata Rp 150 juta per sekolah ; serta menambah mutu sarana pendidikan di kampus, terbaik negeri ataupun swasta, dengan alokasi dana APBN Rp 20 triliun sepanjang 2015-2019.
            Meningkatkan fasilitasi serta keadilan penyelenggaraan pendidikan lewat program sediakan computer di sekolah basic serta menengah, sekolah kejuruan, sekolah agama serta pesantren, berikan beasiswa untuk mahasiswa kurang dapat serta lulusan baru dan pencari kerja yang ikuti kursus pada bagian serta instansi spesifik yang direferensikan oleh negara, sediakan sarana kredit bank untuk mahasiswa berprestasi, dan bangun jaringan internet gratis.
            Berikan insentif pada perusahaan/instansi swasta yang menggerakkan program magang untuk lulusan baru, dengan kesepakatan dari pemerintah.
Meningkatkan sekolah-sekolah kejuruan pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, maritim serta industri, terhitung Balai Latihan Kerja.
2.3 Memilih Calon Presiden dan Wakilnya yang paling Terbaik
            Memilih Calon Presiden yang paling Terbaik adalah dengan melihat Visi misinya yang paling realistis dan tidak kalah pentingnya adalah dengan melihat dukungan koalisi partainya, namun dalam hal ini kita lebih baik melihat sosok si calon Presiden tersebut, apakah berakhlak baik, baik agamanya, keluarganya dan tentunya pantas untuk dijadikan panutan bagi kita semua rakyatnya.

BAB III
PENUTUP
3.1  KESIMPULAN

Memilih calon pemimpin adalah sama saja memilih masa depan, keberhasilan suatu Negara sangat berpengaruh terhadap siapa sosok pemimpin yang memimpinnya. Dalam memilih calon pemimpin biasanya tidak hanya secara subjektif atau objektif namun dilihat dari semua aspek yang berhubungan dengan si calon tersebut. Visi misi adalah saah satu hal penting yang harus diperhatikan, memang semua Visi Misi pasti semuanya akan bertujuan baik dan membangun tetapi kita harus menganalisa Visi misi suatu calon Presiden dan wakilnya apakah realistis atau tidak, dan tentunya harus dapat direalisasikan dan tidak hanya menjadi janji-janji belaka.

3.2 SARAN
            Ada pun saran Memilih Calon Presiden yang paling Terbaik adalah dengan melihat Visi misinya yang paling realistis dan tidak kalah pentingnya adalah dengan melihat dukungan koalisi partainya, namun dalam hal ini kita lebih baik melihat sosok si calon Presiden tersebut, apakah berakhlak baik, baik agamanya, keluarganya dan tentunya pantas untuk dijadikan panutan bagi kita semua rakyatnya.


DAFTAR PUSTAKA
http://www.totalserve.biz/2014/05/visi-dan-misi-capres-2014.html#sthash.CfnRJ7zU.dpuf

0 komentar:

Posting Komentar

 

BLOGY IMAJINATIONS Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review